Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Rabu, 25 Januari 2012

Isi dalam CPU

Sumber : http://blog.ub.ac.id/letologika/2010/10/19/cpu/
Haii teman-teman, udah tau  belum isi dari CPU ? Sekarang, aku pengen terangin ke kalian apa sih isinya dari CPU komputer. Kalian cukup lihat disini, kalian insya allah mengerti !
Sekarang aku CPU singkatan dari Central Processing Unit merupakan bagian terpenting dari sebuah komputer karena merupakan otak dari komputer itu sendiri. CPU juga merupakan pusat pengolahan data dan pengotrolan kerja komputer. Karena itu, kinerja dalam komputer sangat trgantung kepada kinerja CPU-nya.
CPU mempunyai 2 bagian yang dibedakan berdasarkan fungsi operasionalnya. Yaitu, Arithmetical Logical Unit (ALU) dan Control Unit (CU). Arithmetical Logical Unit berfungsi sebagai pusat pengolahan data. Sedangkan Control Unit berfungsi sebagai pengontro, kerja komputer. Mengontrol kerja komputer adalah mengatur urutan proses-proses yang dilakukan di komputer.
  1. Memory
Memory adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menyimpan informasi sebelum atau sesudah diproses oleh prosessor. Memory terbagi menjadi 2 bagian, yaitu, Memory internal yang disebut RAM (Random Acces Memory) berfungsi untuk menyimpan sementara perintah dan data pada saat sebuah program dijalankan dan Memory eksternal yang disebut dengan ROM (Read Only Memory) berfungsi untuk menyimpan perintah dan data secara tetap.


 
    2. Media Penyimpanan
  • Hadrdisk merupakan media penyimpanan engan kapasitas paling besar. saat ini, Hardisk dapat menyimpan data samai 400 gigabytedan akan terus bertambah denan semakin pesatnya kemajuan teknologi komputer.
  • Disket atau yang sering juga disebut 3 1/2 Floopy Drive diguakan untuk menyimpan data sebagaimana halnya dengan Harddisk.
  • Flash Drive karena kebutuhan akan menyimpan data yang lebih besar dan juga dapat dipindah-pindahkan, fungsi Disket saat ini banyak digantikan dengan Falsh Drive. Flash Drive memiliki kapasitas penyimpanan yang jauh lebih besar.
  • CD-Room (Compact Disc-Read Only Memory) dapat menyimpan data cukup besar sampai dengan 700 megabyte. Namun, bila dibandingkan dengan Harddisk dan Flas Drive, akses untuk membaca data yang terdapat pada CD-Room relatif lebih lambat.
  • CD-R (Compact Disc-Recordable) dapat menyimpan data cukup besar sampai 700 megabyte. Data yang terdapat di CD-R juga tidak dapat di hapus. Perbedaannya dengan CD-Room, kita dapat menuliskn data sampai beberapa kali asalkan kapasitas penyimpanan di CD-R belum penuh.
  • CD-RW (Compact Disc ReWriteable) merupakan versi lain dari CD-ROM yang dilengkapi dengan kemampuan untuk dibaca dan ditulis.
  • DVD (Digital Versatile Disc) mempunyai kapasitas peyimpanan yang cukup besar bila dibandingkan dengan CD-ROM yang ukurannya sama besar. DVD mempunyai kualitas penyimpanan yang sangat baik.
  • DVD-RW (Digital Versatile Disc-ReWriteable) adalah tempat penyimpanan yang merupakan versi lain dari DVD. Berbeda dengan DVD yang hanya dapat dibaca, maka DVD-RW yang dapat ditulis dan dihapus.
    3. MotherBroad

Motherbroad atau sering disebut dengan mainboard merupakan perangkat komputer yang berfungsi sebagi tempat perangkat-perangkat lain. seperti, Prosessor, Memory, VGA Card, Sound Card, dan LAN Card.

    4.VGA Card

adalah peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal gambar.

    5. Sound Card
Adalah peralatan komputer yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara. Sound Card memungkinkan data-data suara seperti lagu-lagu yang terdapat di komputer dapat di dengar mealui Speaker  yang dihubungkan ke komputer.

3 komentar: